SELAMAT DATANG DI TIANG BAMBU, BLOGNYA AGUS ZAINAL M; TENTANG SAYA Clicking Here!

Ad 468 X 60

Sunday, April 28, 2013

Widgets

KISI-KISI UKA SD 2013 VERSI WORD






No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
No. Butir Soal
Modul
BAHASA INDONESIA

Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa
Indonesia SD/MI.
Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana
Siswa belajar bahasa Indonesia
Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD

1
Bhs Indonesia Modul 1 KARAKTERISTIK  PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
2
Bhs Indonesia Modul 2 KETERAMPILAN MEMBACA
Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.
3
Bhs Indonesia Modul 3 KETERAMPILAN MENULIS
Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa
Indonesia di SD
Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan dan kegemaran menulis siswa
4
Bhs Indonesia Modul 5 PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS RENDAH
Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa
5
Bhs Indonesia Modul 6 PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS TINGGI
Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6
Bhs Indonesia Modul 7 PENGEMBNGAN PERANGKAT PEMBELAJRAN
Menampilkan keterampilan
Berbahasa (mendengarkan,
berbicara, membaca,
dan menulis)
Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis
7, 8

Menemukan isi atau pesan pokok wacana lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita, pidato.
9, 10

Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi
11, 12

Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).
13

Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat.
14, 15

Mengkreasikan apresiasi sastra Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia
Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra
16, 17
Bhs Indonesia Modul 4 APRESIASI SASTRA
Menyusun langkah-langkah membuat parafrase puisi ke prosa.
18

Menilai prosa
19

Mengapresiasi drama
20

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

Memiliki kompetensi pedagogik Pembelajaran PKn
Penilaian proses belajar PKn.
Merumuskan proses belajar PKn tentang konsep kejujuran
21
PKn Modul 1 MATERI, STRUKTUR, KONSEP, DAN KEILMUAN PKN
Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme
22

Menilai berbagai norma dalam kehidupan.
Membuat contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah

23, 24

Merumuskan prinsip-prinsip demokrasi
Dan praktik demokrasi
Di Indonesia.
Menelaah prinsip-prinsip demokrasi.
25, 26
Pkn Modul 3 DEMOKRASI KONSTITUSIONAL
Mengkategorikan Peraturan perundang- undangan di tingkat pusat dan daerah.
27, 28, 29

Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai pandangan hidup dan sejarah Pancasila sebagai dasar negara.
30, 31
PKn Modul 2 PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA INDONESIA
Menyimpulkan nilai-nilai Pancasila,sebagai idiologi negara.
32, 33

Merumuskan nilai-nilai nasionalisme.
Menganalisis pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
34
PKn Modul 4_2 CINTA TANAH AIR DAN BELA NEGARA
Menelaah bentuk-bentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari
35

Membagankan sistem pemerintahan kabupaten, kota, provinsi, dan pusat.
Menelaah setiap lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat desa, kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.
36, 37
PKn Modul 6 LEMBAGA NEGARA DAN SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA
Menelaah sistem pemilu dan pilkada yang ada di Indonesia.

38, 39

Merumuskan prinsip
Dan praktik politik luar
Negeri Indonesia.
Menelaah prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.
40
PKn Modul 7 GLOBALISASI DAN POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA
MATEMATIKA

Menguasai kompetensi pedagogik pembelajaran matematika SD/MI
Menguasai prinsip, teori dan strategi pembelajaran serta teknik asesmen yang tepat pada pembelajaran matematika
Merancang aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
41
Matematika Modul 1 TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Merancang pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan
42

Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
43

Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan
44

Mengombinasikan beragam
Strategi pembelajaran
Matematika untuk mencapai
Tujuan pembelajaran
45

Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
46

Menguasai konsep dan
Metode keilmuan matematika yang
Mendukung pembelajaran matematika SD/MI.
Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma, dan sifatsifat bilangan bulat
Menganalisis dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat
47
Matematika Modul 2 BILANGAN ASLI, CACAH, BULAT, DAN OPERASINYA
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat
48

Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma, dan sifatsifat bilangan pecahan
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat urutan bilangan pecahan
49
Matematika Modul 4 PEMBELAJARAN PECAHAN DI SD
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
50

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio
51

Menguasai konsep relasi,
Fungsi dan penalaran
Dalam matematika
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
52
Matematika Modul 3 PEMECAHAN MASALAH TERKAIT PEMBELAJARAN MAT DI SD
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan persamaan yang memuat variabel.
53

Menguasi konsep dan prinsip dalam geometri dan pengukuran
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat segiempat
54
Matematika Modul 6 PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SD
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat kesejajaran garis-garis
55

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
56
Matematika Modul 5 PEMBELAJARAN PENGUKURAN DI SD
Menguasai konsep probabilitas dan statistika
Serta aplikasinya
Menyajikan data dalam bentuk diagram
59
Matematika Modul 7 PEMBELAJARAN STATISTIKA DI SD
Memecahkan masalah berkaiatan dengan rara-rata
60

IPA

Menguasai kompetensi pedagogik pembelajaran IPA SD/MI
Merancang pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi
Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar
61

Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA
62

Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
63

Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan sikap ilmiah)
64

Menguasai struktur, konsep, dan metode keilmuan IPA SD / MI
Menafsirkan struktur, fungsi dan sistem pengangkutan pada tumbuhan
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
65

Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan
66

Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
67

Menafsirkan organ, fungsi, dan sistem pada sistem tubuh hewan dan manusia
Menganalisis gangguan-gangguan pencernaan makanan pada manusia
68
IPA Modul 6_2 SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
69

Mengabstraksi ciri hewan invertebrata
70

Membandingkan besaran dan dan satuan
Memilih alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur
71
IPA Modul 1 BESARAN DAN SATUAN
Mengkategorikan materi dan perubahannya
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
72
IPA Modul 2 MATERI DAN PERUBAHANNYA
Memecahkan permasalahan energi dan perubahannya
Menganalisis sifat-sifat cahaya

73
IPA Modul 3 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan kemagnetan
74

Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari
75

Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
76

Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
77

Menganalisis fenomena-fenomena bumi dan alam semesta
Mengelompokkan planet-planet dalam tata surya
78
IPA Modul 4 SISTEM TATA SURYA
Menganalisis proses terjadinya tata surya
79

Mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi
80

ILMU PENGETAHUAN  SOSIAL (IPS)

Menguasai kompetensi profesional pembelajar IPS
Menguasai lingkup dan struktur IPS
Membandingkan fakta, konsep, generalisasi dalam pembelajaran IPS
81, 82
IPS Modul 1 FAKTA, KONSEP, GENERALISASI DALAM PEMBELAJARAN IPS
Menguasai sejarah kenampakan bentang alam, gejala alam, dan pemanfaatan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kehidupan
Menganalisis sejarah kenampakan alam, serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya
83, 84
IPS Modul 2 SEJARAH KENAMPAKAN ALAM & HUBUNGANNYA DGN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA
Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis
85, 86
IPS Modul 3 PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN SDA UTK MENCIPTAKAN KEHIDUPAN SEJAHTERA DAN HARMONIS
Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam serta usaha-usaha untuk menghadapinya
87, 88
IPS Modul 4 BENTUK-BENTUK BENCANA ALAM
Memerinci ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis
89

Menganalisis proses globalisasi dan kerja sama ekonomi luar Indonesia
Menganalisis peran bangsa Indonesia pada era global
90, 91
IPS Modul 5 PERAN INDONESIA DI ERA GLOBAL
Menentukan peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi internasional
92
IPS Modul 6 PERAN INDONESIA DALAM KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL
Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dan peran uang dalam perekonomian
Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat
93
IPS Modul 7 KERJASAMA EKONOMI DALAM MASYARAKAT
Menentukan peran uang dalam perekonomian
94

Memiliki kompetensi pedagogik pembelajaran IPS
Mengembangkan kurikulum mata pelajaran IPS
Menyesuaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS
95

Menyelenggarakan pembelajaran IPS yang mendidik
Merencanakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS
96, 97

Menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar IPS
Memilih prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
98

Memilih prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
99, 100


SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Agus Zainal M (Sampai Terang)
(TIANG BAMBU) Dari secangkir Kopi, Cerita dan Inspirasi. TENTANG SAYA →

0 komentar: