SELAMAT DATANG DI TIANG BAMBU, BLOGNYA AGUS ZAINAL M; TENTANG SAYA Clicking Here!

Ad 468 X 60

Sunday, April 28, 2013

Widgets

SOAL & PEMBAHASAN UKA SD 2013 BERDASAR KISI-KISI PART 1




1
Standar Kompetensi
Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.
1.2
Kompetensi Dasar
Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana Siswa belajar bahasa Indonesia
1.2.1
Indikator Esensial
Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD

No. Butir Soal
1

Modul
Bhs Indonesia Modul 1 KARAKTERISTIK  PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Soal
Keterangan
1. Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh ... kecuali:
a. perkembangan fisik
b. perkembangan sosial
c. perkembangan intelektual
d. perkembangan emosional
Kemajuan berbahasa mereka berjalan seiring engan perkembangan fisik, mental, intelektuall, dan sosial.
2. Perkembangan bahasa anak-anak diperoleh secara ...
a. simul tan
b. serentak
c. ber tahap
d. tiba- tiba
Kemampuan berbahasa anak tidak diperoleh secara tiba-tiba atau sekaligus, tetapi bertahap
3. Anak-anak sudah mampu menghasilkan bunyi-bunyi vokal atau konsonan tertentu tetapi tidak mengacu pada kata atau makna tertentu. Kemampuan ini dicapai oleh anak yang telah berusia...
a. 0 – 12 bulan
b. 12 – 18 bulan
c. 18 – 24 bulan
d. 3 – 5 tahun
Tahapan perkembangan bahasa anak dapat dibagi atas:
(1) tahap pralinguistik (0-12 bulan)           (3) tahap dua-kata (18-24 bulan)
(2) tahap satu-kata (12-18 bulan)             (4) tahap banyak-kata (3-5 tahun)

Bunyi-bunyi itu berupa vokal atau konsonan tertentu, tetapi tidak mengacu pada kata atau makna tertentu. Untuk itulah perkembangan bahasa anak pada masa ini disebut tahap pralinguistik (Tarigan dkk., 1998).
4. Ketika anak- anak sudah mulai belajar menggunakan satu kata yang memiliki arti yang mewakili keseluruhan idenya, maka masa tersebut dicapai saat anak ketika berusia ...
a. 0 – 12 bulan
b. 12 – 18 bulan
c. 18 – 24 bulan
d. 3 – 5 tahun
(2) tahap satu-kata (12-18 bulan)
Pada masa ini, anak sudah mulai belajar  menggunakan satu kata yang memiliki arti yang mewakili keseluruhan idenya. Satu-kata mewakili satu atau bahkan lebih frase atau kalimat.
5. Ketika anak sudah mengenal berbagai makna kata, tetapi belum dapat menggunakan bentuk bahasa yang menunjukkan jumlah, jenis kelamin, dan waktu terjadinya peristiwa. nak tersebut telah memasuki tahap.
a. pralinguistik
b. satu-kata
c. dua-kata
d. banyak-kata
(3) tahap dua-kata (18-24 bulan)
Pada tahap dua-kata ini anak mulai mengenal berbagai makna kata, tetapi belum dapat menggunakan bentuk bahasa yang menunjukkan jumlah, jenis kelamin, dan waktu terjadinya peristiwa. Selain itu, anak belum dapat menggunakan pronomina saya, aku, kamu, dia, mereka, dan sebagainya.
6. Menurut Ross dan Roe, pada tahap tertentu anak sudah dapat membedakan kata sebagai simbol dan konsep yang terkandung dalam kata. Anak yang telah mempunyai kemampuan tersebut berarti telah mencapai tahap perkembangan bahasa ...
a. fonologis
b. morfologis
c. sintaksis
d. semantik
Ross dan Roe membagi fase/tahap perkembangan bahasa anak :
1.            Fase Fonologis:  Anak bermain dengan bunyi-bunyi bahasa mulai mengoceh sampai menyebutkan kata-kata sederhana
2.            Fase Sintaktik : Anak menunjukkan kesadaran gramatis ;berbicara menggunakan kalimat
3.            Fase Semantik : Anak dapat membedakan kata sebagai simbol dan konsep yang terkandung dalam kata
7. Sebelum masuk SD, anak telah menguasai sejumlah fonem, tetapi masih ada beberapa fonem yang sulit diucapkan dengan tepat, antara lain ... kecuali:
a. s, z, v
b. b, c, d (Fase Fonologis)
c. sh, sy, x
d. str,pl,pr
Sistem bahasa itu terdiri atas subsistem, yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik.
1) Perkembangan Fonologis
Kaitannya dengan anak SD di Indonesia diduga pun mengalami kesulitan dalam pengucapan r, z, v, f, kh, sh, sy, x, dan bunyi kluster misalnya str, pr,pada kata struktur dan pragmatik
8. Pernyataan yang benar mengenai perkembangan morfologis anak SD sebagai berikut... kecuali:
a. Anak kelas awal SD telah dapat mengunakan kata berprefiks dan berinfiks
b. Anak SD kelas menengah telah dapat mengunakan kata berimbuhan konfiks sederhana.
c. Anak SD kelas atas telah dapat menggunakan kata berimbuhan konfiks yang sudah kompleks.
d. Anak kelas awal SD telah dapat mengunakan kata berprefiks dan bersufiks.
2) Perkembangan Morfologis
Berdasarkan kerumitan afiksasi tersebut, perkembangan morfologis atau kemampuan menggunakan morfem/afiks anak SD dapat diduga sebagai berikut.:
a) Anak kelas awal SD telah dapat mengunakan kata berprefiks dan bersufiks seperti melempar dan makanan.
b) Anak kelas menengah SD telah dapat mengunakan kata berimbuhan simulfiks/konfiks sederhana seperti menjauhi, disatukan.
c) Anak kelas atas SD telah dapat menggunakan kata berimbuhan konfiks yang sudah kompleks misalnya diperdengarkan dan memberlakukan dalam bahasa lisan atau tulisan.
9. Dilihat dari segi frase dalam perkembangan sintaksis, frase yang lebih sulit dikuasai oleh anak SD adalah ...
a. frase verba
b. frase nomina
c. frase adjektiva
d. pronomina
3) Perkembangan Sintaksis
Dilihat dari segi frase, menurut Budiasih dan Zuchdi (1997) bahwa frase verba lebih sulit dikuasai oleh anak SD dibanding dengan frase nomina dan frase lainnya. Kesulitan ini mungkin berkaitan dengan perbedaan bentuk kata kerja yang menyatakan arti berbeda. Misalnya ditulis, menuliskan, ditulisi, dan seterusnya.
10. Menurut Halliday fungsi bahasa yang digunakan oleh anak usia SD dalam berkomunikasi adalah...
a. fungsi instrumental
b. fungsi interaksional
c. fungsi imajinatif
d. fungsi heuristik

5) Perkembangan Pragmatik
Fungsi (penggunaan) bahasa yang dikemukakan oleh M.A.K Halliday: instrumental, regulator, interaksional, personal, imajinatif, heuristik, dan informatif.
Dalam penelitiannya tentang penggunaan fungsi bahasa di SD kelas awal menemukan bahwa umumnya anak menggunakan fungsi interaksional (untuk bekomunikasi) dan jarang menggunakan fungsi heuristik (mengunakan bahasa untuk mencari ilmu pengetahuan saat belajar dan berbicara dalam kelompok kecil).
11. Karakteristik pemerolehan bahasa kecuali......
a. berlangsung dalam situasi informal
b. dialami langsung oleh anak
c. pemilikan bahasa melalui pembelajaran formal di lembaga-lembaga pendidikan
d. dilakukan tanpa sadar atau secara spontan
Pemerolehan bahasa adalah proses yang digunakan oleh anak-anak dalam memiliki kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan, yang berlangsung secara alami, dalam situasi formal, spontan, dan terjadi dalam konteks berbahasa yang bermakna bagi anak.
12. Anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menggunakan bahasa daerah sebagai media komunikasi kesehariannya, kemungkinan besar anak itu bahasa pertamanya adalah ...
a. bahasa asing
b. bahasa Indonesia
c. bahasa daerah
d. bahasa daerah dan bahasa Indonesia
Anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menggunkan bahasa daerah sebagai media komunikasi kesehariannya, kemungkinan besar anak itu bahasa pertamanya adalah bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya.
13. Ragam atau jenis pemerolehan bahasa anak dapat ditinjau dari berbagai sudut pandangan, antara lain kecuali....
a. berdasarkan bentuk
b. berdasarkan urutan
c. berdasarkan sarana
d. berdasarkan media
Ragam atau jenis pemerolehan bahasa anak menurut Tarigan (1988) dapat ditinjau dari berbagai sudut pandangan, antara lain:
1) berdasarkan bentuk,
2) berdasarkan urutan,
3) berdasarkan jumlah,
4) berdasarkan media,
5) berdasarkan keaslian.
14. Anak memperoleh kemampuan berbahasa lisan melalui....
a. mengingat
b. berpikir
c. meniru
d. melihat

15. Jika anak dibesarkan dalam masyarakat multilingual, maka anak akan memperoleh bahasa secara ….
a. alamiah
b. simultan
c. serempak dua bahasa
d. berurutan dua bahasa
Pemerolehan serempak dua bahasa terjadi pada anak yang dibesarkan dalam masyarakat bilingual (menggunakan dua bahasa dalam berkomunikasi) atau dalam masyarakat multilingual (menggunakan lebih dari dua bahasa).

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Agus Zainal M (Sampai Terang)
(TIANG BAMBU) Dari secangkir Kopi, Cerita dan Inspirasi. TENTANG SAYA →

0 komentar: