SELAMAT DATANG DI TIANG BAMBU, BLOGNYA AGUS ZAINAL M; TENTANG SAYA Clicking Here!

Ad 468 X 60

Wednesday, May 29, 2013

Widgets

MATERI PERSIAPAN UKA SD BERDASAR KISI-KISI PART 2





1
Standar Kompetensi
Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.
1.1
Kompetensi Dasar
Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana Siswa belajar bahasa Indonesia
1.2.1
Indikator Esensial
Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.

No. Butir Soal
2
1.3
Kompetensi Dasar
Menampilkan keterampilan Berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis)
1.3.1
Indikator Esensial
Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis
1.3.2
Menemukan isi atau pesan pokok wacana lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita, pidato.
1.3.3
Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi
1.3.4
Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).

No. Butir Soal
7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

Modul
Bhs Indonesia Modul 2 KETERAMPILAN MEMBACA


Soal
Keterangan
1. Anak jalanan dan cacat perlu dibantu agar dapat mengatasi hidup. Pada prinsipnya tidak ada seorang anak pun yang ingin tinggal di jalanan. Demikian juga tidak ada seorang anak yang ingin terlahir cacat. Namun jika itu yang terjadi, setiap anak yang kurang beruntung itu berhak untuk mendapatkan kesempatan belajar seperti anak pada umumnya. Anak-anak itu juga perlu kita hargai dan perlu kita dukung untuk bersekolah, mencari makanan yang halal, dan hidup yang layak. Gagasan utama wacana di atas adalah …
A. Anak jalanan perlu dibantu.
B. Anak jalanan perlu hidup layak.
C. Anak jalanan dan cacat perlu dibantu.
D. Anak jalanan berhak mendapat kesempatan belajar. (Correct Answer)
Paragraf yang baik harus mempunyai gagasan utama. Gagasan utama adalah ide atau tema yang menjiwai paragraf tersebut. Sifat gagasan utama adalah umum. Ketika membaca paragraf, temukan kalimat yang bermakna umum, jangan mencari yang maknanya khusus atau spesifik. Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat, karena syarat paragraf yang baik harus terdiri dari beberapa kalimat yang gagasan utamanya tertuang dalam kalimat utama atau kalimat pokok, dan ada beberapa kalimat penjelas, yang memperjelas gagasan utama tersebut.
Letak kalimat utama dalam sebuah paragraf bisa terdapat pada awal paragraf, akhir paragraf, awal dan akhir paragraf, serta diseluruh isi paragraf.
2. Sebagian besar masyarakat kita hidup di pedesaan. Karena itu, pemerintah mempunyai perhatian yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Pertanian akan dikembangkan oleh pemerintah menjadi usaha komersial dengan konsep agrobisnis. Namun, usaha ke arah itu memerlukan proses panjang. Dalam waktu yang mendesak petani memerlukan penghasilan tambahan. Salah satu upaya untuk menambah penghasilan petani adalah budi daya belut.
Ide pokok paragraf di atas adalah . . . .
A. Petani memerlukan penghasilan tambahan.
B. Pertanian akan dikembangkan menjadi usaha komersial.
C. Sebagian besar masyarakat kita hidup di pedesaan.
D. Budi daya belut untuk menambah penghasilan petani (Correct Answer)
Letak kalimat utama dalam sebuah paragraf bisa terdapat pada awal paragraf, akhir paragraf, awal dan akhir paragraf, serta diseluruh isi paragraf.
Contoh :
Seluruh isi paragraf.
Letak gagasan utama terakhir ini hanya didapati di dalam prosa/ceritacerita. Itulah sebabnya paragraf yang seperti ini disebut 'paragraf deskriptif atau paragraf naratif'. Narasi artinya cerita. Mengapa ada di seluruh isi paragraf? Karena semua kalimatnya saling bertautan atau berhubungan. Jadi, tidak ada yang khusus berisi gagasan utama.
Contoh: Salah satu kerinduan ibu saya adalah melihat kami, anak-anaknya, dapat menyelesaikan pendidikan dan mendapat pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan kami masing-masing. Di atas semua kerinduan itu, ia menanamkan kepada kami sikap yang takut akan Tuhan dan hati yang mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Ibu selalu mengajarkan. "Kalau bukan Tuhan yang menyertai dan memberkati usaha yang kita lakukan, maka semua usaha dan kekuatan yang kita kerahkan akan sia-sia. Karena itu, berdoalah untuk setiap hal yang sudah kita rencanakan dan mintalah tuntunan serta campur tangan-Nya.
Gagasan utama: Kerinduan dan ajaran ibu.
3. Penggunaan narkoba remaja di Indonesia diperkirakan sudah mencapai dua juta orang. Jumlah angka kematian remaja akibat narkobapun meningkat. Menurut data yang ada, tes urin yang dilakukan ditemukan beberapa siswa sebagai pecandu dan ada beberapa yang menjadi pengedar narkoba. Didapat juga bahwa anak-anak di bawah umurpun sudah menghisap rokok dan sekaligus pecandu narkoba. Padahal pada tahun lalu jumlahnya belum sebanyak tahun ini. Isi paragraf tersebut adalah….
A. Jumlah kematian anak di bawah umur meningkat karena narkoba.
B. Beberapa pecandu narkoba mengedarkan narkoba.
C. Remaja sebagai pecandu narkoba jumlahnya semakin meningkat (Correct Answer)
D. Tes urin dilakukan pada beberapa siswa SMP dan SD.
Gagasan utama pada Awal paragraf dan diulang lagi di akhir paragraf
Paragraf yang seperti ini, berarti dimulai dengan pernyataan umum dan diakhiri dengan pernyataan umum lagi. Pengulangan ini tidak sama 100%, tapi kata-kata yang dipergunakan kurang lebih sama.
Contoh:
Ada banyak cara yang orang lakukan untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru. Ada yang menyambut fajar pertama di puncak gunung, bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor, atau merayakannya dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing. Ya, itulah berbagai cara yang dilakukan orang untuk menyambut tahun baru.
Gagasan utama: Cara orang mengisi hari pertama di tahun baru.
4. Malam tahun baru memang saat yang istimewa bagi sebagian orang. Untuk melewatkan, berbagai cara dilakukan. Ada yang berpesta dengan teman-teman, jalan-jalan, atau merenung di rumah. Namun, harus kita ingat bahwa malam tahun baru tersebut perlu kita isi dengan aktivitas positif, misalnya berdoa dan berdoa dengan harapan bahwa tahun 2012 ini kita dapat meraih keberhasilan sesuai dengan cita-cita. Perlu juga kita berjanji bahwa kita tidak akan melakukan kegiatan-kegiatan negatif sebelumnya yang merugikan diri sendiri. Gagasan utama wacana di atas adalah …
A. Tahun baru diisi dengan doa.
B. Tahun baru tahun cita-cita.
C. Malam tahun baru saat istimewa (Correct Answer)
D. Malam tahun baru saat yang menyenangkan.
Sifat gagasan utama adalah umum (pernyataan umum)

Awal paragraf  adalah tempat favorit gagasan utama. Mengapa? Karena para penulis hampir selalu memulai paragrafnya dengan menuliskan gagasan utamanya, yaitu kalimat yang bersifat umum dan kalimat-kalimat berikutnya merupakan penjelas dari gagasan utama.
5. Wanita hamil atau menyusui tidak diperkenankan menjadi donor. Orang yang mengidap penyakit dalam juga dilarang menjadi donor darah. Untuk menjadi pendonor, faktor usia juga diperhatikan. Tekanan harus normal dan golongan darah harus diperiksa. Jadi, pendonor darah harus memenuhi persyaratan kesehatan yang sudah ditentukan.  Ide pokok paragraf di atas adalah . . . .
A. Wanita hamil atau menyusui tidak diperkenankan menjadi pendonor darah.
B. Orang yang mengidap penyakit dalam juga dilarang menjadi pendonor darah.
C. Tekanan darah, golongan darah harus diperiksa.
D. Pendonor darah harus memenuhi persyaratan kesehatan (Correct Answer)
kalimat utama bisa ditemukan di akhir paragraf, artinya, paragraf itu dimulai dengan rincian, baru ditutup dengan pernyataan umum.
Contoh:
Ada orang yang menyambut fajar pertama di puncak gunung, ada yang memilih bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor. Akan tetapi, ada juga yang memilih menyambut tahun baru dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing. Ya, itulah berbagai cara yang dilakukan orang untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru.
Gagasan utama: Berbagai cara orang mengisi hari pertama di tahun baru.
6. Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik (misal panas) yang melewati batas tertentu, sehingga membahayakan manusia, makhluk hidup lain (hewan, tumbuh-tumbuhan), ataupun lingkungan abiotik. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan kehidupan di bumi.  Isi paragraf tersebut adalah….
A. Polusi udara dapat mengancam alam sekitar (Correct Answer)
B. Polusi udara sangat mempengaruhi kehidupan manusia.
C. Polusi udara sangat membahayakan makhluk hidup.
D. Polusi udara mengandung zat kimia.
kalimat utama bisa ditemukan di akhir paragraf, artinya, paragraf itu dimulai dengan rincian, baru ditutup dengan pernyataan umum.
7. Berikut ini yang termasuk wacana narasi adalah ....
A. Matahari belum lagi terik. Kota Jombang belum bangkit benar. Jam baru menunjukkan pukul tujuh lebih dua puluh menit. Saat itu adalah saat yang paling tepat disebut sebagai saat berdarah. Detik-detik yang paling dramatis dan tragis dalam sejarah kecelakaan bus Indonesia. Hari  Selasa yang muram itu, ratusan orang bertumpang tindih tertimpa oleh besi-besi regangan bus. Laki-laki, perempuan, dewasa, dan anak-anak mati seketika. Kepalanya terlepas, isi perutnya terburai, tubuhnya terselip dan terjepit di antara besi. Setelah berjam-jam peristiwa itu terjadi, suasana di daerah Jombang semakin menyayat. Suara menjerit, merintih, menangis, dan minta tolong terus saja terdengar.
B. Peti mati yang biasa disebut tebelo ditempatkan di tengah ruangan. Semua almari dipepetkan ke tembok dan diselubungi oleh kain putih. Meja pemujaan dengan segala alat sesajiannya ada di dekat peti mati itu. Para tamu yang jumlahnya kira-kira seratus duduk di kursi. Masingmasing menghadap ke meja yang penuh dengan hidangan. Rudi datang dan menggabungkan diri dengan tamu yang lain. Matanya tampak sembab. Peti mati itu tak henti-hentinya ditatap. Mulutnya bergetar seakan-akan mengucapkan selamat jalan kepada kekasihnya untuk selama-lamanya.
C. Neozeb Cold tablet mengandung bahan-bahan yang secara klinis telah terbukti mempunyai khasiat tinggi dan efektif untuk mengatasi flu dan sinusitis, sekaligus bersifat analegatik-antipirektip dan dekongestanantihistanin. Neozeb Cold tablet mempunyai efek sinergestik denilpropanolamina HCL, Vasakontriktor, dan Klofenimarine Oral yang dianggap terbaik saat ini, dan Klofenimarine maleat, suatu dekongestanantihistanin yang sangat kuat. Dalam bentuk kombinasi kedua komponen itu akan menghilangkan kongesti pada mukosa hidung dan sinus melalui vasokonmine-induce yang dapat menyebabkan timbulnya air mata, bersin, dan ingus yang berlebihan (Correct Answer)
D. Bangsa Indonesia yang selalu mengharapkan adanya persatuan perlu memelihara alat pemersatu, alat yang digunakan untuk berkomunikasi, yaitu bahasa Indonesia. Cara memelihara bahasa Indonesia adalah dengan membina bahasa itu sebaik-baiknya. Jika bahasa Indonesia telah kita bina dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, persatuan di antara bangsa Indonesia pun pasti terwujud.
Wacana narasi berbeda dengan wacana deskripsi. Wacana narasi berisi cerita yang didasarkan pada urut-urutan suatu kejadian atau peristiwa.
Ada dua jenis narasi, yaitu narasi ekspositoris dan narasi imajinatif.
Narasi ekspositoris berisi fakta, misalnya biografi (riwayat
seseorang),otobiografi /riwayat hidup seseorang yang ditulisnya sendiri, atau kisah pengalaman. Narasi Imajinatif berisi cerita khayal/fiksi atau rekaan seperti yang biasanya terdapat pada cerita novel atau cerpen.

Narasi diuraikan dalam bentuk penceritaan yang ditandai oleh adanya uraian secara kronologis (urutan waktu). Penggunaan kata hubung yang menyatakan waktu atau urutan, seperti lalu, selanjutnya, keesokan harinya.

Wacana deskripsi menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulisnya. Tujuannya adalah pembaca memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan mengalami sendiri objek tersebut.

Wacana deskripsi memberikan penjelasan tantang sesuatu masalah atau objek yang disajikan. Wacana deskripsi memberikan gambaran objek seperti apa adanya, maka wacana deskripsi bersifat statis.
8.  Manakah pernyataan di bawah ini yang benar tentang hakikat membaca?
A. aktivitas membaca terdiri dari dua bagian, yaitu membaca sebagai proses dan membaca sebagai produk (Correct Answer)
B. proses pengucapan tulisan untuk mendapatkan isinya
C. Pembaca yang mempunyai tujuan yang sama, dapat mencapai tujuan dengan cara pencapaian berbeda-beda
D. Menginterpretasikan arti pesan
Pada hakikatnya, aktivitas membaca terdiri dari dua bagian, yaitu membaca sebagai proses dan membaca sebagai produk. Membaca sebagai proses mengacu pada aktifitas fisik dan mental. Sedangkan membaca sebagai produk mengacu pada konsekuensi dari aktivitas yang dilakukan pada saat membaca.
9.  Pernyataan di bawah ini yang benar tentang jenis-jenis membaca, adalah ...
A. Menambah kosakata, tatabahasa, dan sintaksis.
B. pengurutan keteraturan dan pemikiran logis untuk dapat mengikuti jalan cerita atau memecahkan suatu misteri
C. Membaca skimming dan membaca cepat
D. Ada dua jenis membaca, yaitu membaca bersuara dan membaca tidak bersuara (Correct Answer)
Ada dua jenis membaca, yaitu membaca bersuara dan membaca tidak bersuara. Membaca bersuara meliputi: membaca nyaring, membaca teknik, membaca indah. Membaca tidak bersuara (membaca diam) meliputi: membaca teliti, membaca pemahaman, membaca ide, membaca kritis, membaca telaah bahasa, membaca skimming (sekilas), membaca cepat.
10. di bawah ini merupakan manfaat membaca
A. Menambah kosakata, tatabahasa, dan sintaksis.
B. Mengalami perasaan dan pemikiran yang paling dalam.
C. Semua jawaban benar (Correct Answer)
D. Memicu imajinasi.
Manfaat membaca antara lain adalah sebagai berikut. (1) Menambah kosakata, tatabahasa, dan sintaksis. (2) Mengalami perasaan dan pemikiran yang paling dalam. (3) Memicu imajinasi. (4)  Memaksa nalar




1
Standar Kompetensi
Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.
1.1
Kompetensi Dasar
Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana Siswa belajar bahasa Indonesia
1.2.1
Indikator Esensial
Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.

No. Butir Soal
3
1.3
Kompetensi Dasar
Menampilkan keterampilan Berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis)
1.3.1
Indikator Esensial
Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis
1.3.5
Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat.

No. Butir Soal
7, 8, 14, 15

Modul
Bhs Indonesia Modul 3 KETERAMPILAN MENULIS


Soal
Keterangan
1. Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan, tetapi memerlukan usaha sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur. Devinisi menulis tersebut pendapat dari ….
A. Lado
B. Donn Byrne (Correct answer)
C. Semi
D. Gere
Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan, tetapi memerlukan usaha sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur (Donn Byrne,1988:1)
2. Yang tidak termasuk tujuan dari menulis adalah …
A. mengadopsi (Correct answer)
B. mendidik
C. membujuk
D. menginformasikan
Tujuan menulis adalah
a. Menginformasikan
b. Membujuk;
c. Mendidik
d. Menghibur
3. Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar menerima pendapatnya. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan...
A. bukti, ulasan, dan hasil penataran
B. data, bukti, atau hasil-hasil penalaran (Correct answer)
C. ulasan ilmiah,bukti, hasil penalaran
D. bukti, pendapat, ulasan
Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar amenerima pendapanya. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan data, bukti, atau hasil-hasil penalaran (Pusat Bahasa. 2001: 45).
4. Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah
A. perdagangan (Correct answer)
B. pelayaran
C. perjanjian
D. perindustrian

Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah niaga atau perdagangan. Surat ini dapat ditujukan kepada semua pihak.
5. Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan penulisannya, tetapi juga ditandai ...
A. bentuk,kebakuan bahasa, ketepatan ejaan, dan aturan penulisan (Correct answer)
B. bentuk kebakuan bahasa, diksi, ejaan, diksi, ejaan, dan aturan penulisan
C. diksi, bentuk kebakuan bahasa, dan aturan penulisan
D. aturan penulisan, diksi, tata tulisan
Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan penulisannya, tetapi juga ditandai oleh bentuk dan segala formalitasnya (kebakuan bahasa, ketepatan ejaan, dan aturan penulisannya).
6. Suasana Hotel Pramesti sangat menyenangkan. Struktur banguanan yang bernuansa Bali yang penuh ornament dan lukisan sangat enak dipandang. Gemercik air yang mengalir. Udara pegunungan yang sejuk menambah betah orang berlama-lama menikmati suasana hotel ini. Paragraf tersebut berjenis karangan …
A. argumentasi
B. eksposisi
C. deskripsi (Correct answer)
D. narasi
Deskrisi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda, tempat, suasana atau keadaan
7. Kejelasan merupakan asas yang pertama dan utama bagi hampir semua karangan, khususnya ragam karangan faktawi. Berikut pernyataan yang merupakan ciri-ciri kejelasan karangan ..
A. mudah, sederhana, langsung ,tepat (Correct answer)
B. luas, rumit, langsung, tepat
C. mudah, luas , komplek, menarik
D. sedehana, menarik, langsung, tepat
Karangan Faktawi adalah karangan yang bersifat dunia nyata atau yang benar benar terjadi.
8. Pilihan kata karangan persuasi mencari efek tanggapan ....
A. penalaran
B. emosional. (Correct answer)
C. rasional
D. logis-rasional
Persuasi adalah karangan yang berisi paparan berdaya-ajuk, ataupun berdaya himbau yang dapat membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti himbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan oleh penulis
9.                                                         
                                                            _________________
_________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________.
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________.
                                                                    _____________
                                                                  ______________

Bentuk surat (style) di atas, jenis surat itu yang tidak dapat dikategorikan sebagai susunan atau tata letak bagian surat pada ...
A. bentuk lurus penuh (full block style)
B. bentuk lurus (block style)
C. bentuk setengah lurus (semi block style)
D. bentuk lekuk (indented style) (Correct answer)
Berdasarkan bentuk surat (style), susunan atau tata letak bagian surat pada setiap jenis
surat dapat dikategorikan sebagai berikut.
- bentuk lurus penuh (full block style)
- bentuk lurus (block style)
- bentuk setengah lurus (semi block style)
- bentuk lekuk (indented style) dan
- bentuk resmi (official style)
10. Salah satu perbedaan ciri dari surat pribadi dan surat resmi adalah... surat
A. Kop (Correct answer)
B. Tempat tanggal surat
C. Alamat
D. Salam pembuka
Bagian surat pribadi adalah; (1)tempat dan tanggal surat, (2)alamat surat, (3)salam pembuka, (4)isi surat dan, (5)salam penutup. Adapun bagian surat resmi adalah; kop surat, tanggal surat, nomor, lampiran, hal, alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tembusan.




RINGKASAN MATERI BERDASAR KISI-KISI UKA SD 2013

BAHASA INDONESIA
Pemerolehan bahasa adalah proses yang digunakan oleh anak-anak dalam memiliki kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan, yang berlangsung secara alami, dalam situasi formal, spontan, dan terjadi dalam konteks berbahasa yang bermakna bagi anak.
Posisi bahasa Indonesia dalam pemerolehan bahasa bagi anak Indonesia akan ditemukan bahwa ada anak yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama dan ada pula menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Anak yang bahasa pertamanya bahasa Indonesia bila anak dibesarkan oleh orang tua yang hanya menguasai bahasa Indonesia, orang tua yang berasal dari bahasa daerah yang berlainan, lingkungan masyarakat sekitar menggunkan bahasa daerah yang tidak dikuasai, dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang berbahasa daerah. Anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menggunkan bahasa daerah sebagai media komunikasi kesehariannya, kemungkinan besar anak itu bahasa pertamanya adalah bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya.
Pemerolehan bahasa juga dapat terjadi secara serempak dua bahasa dan secara berurutan. Pemerolehan secara serempak dua bahasa terjadi pada anak yang dibesarkan dalam masyarakat bilingual (menggunakan dua bahasa dalam berkomunikasi) atau dalam masyarakat multilingual (menggunakan lebih dari dua bahasa). Sedangkan pemerolehan berurut dua bahasa terjadi bila anak menguasai dua bahasa dalam rentang waktu yang relatif berjauhan. Kemampuan berbahasa anak tidak diperoleh secara tiba-tiba atau sekaligus, tetapi bertahap. Kemajuan berbahasa mereka berjalan seiring dengan perkembangan fisik, mental, intelektuall, dan sosial. Perkembangan bahasa anak ditandai oleh keseimbangan dinamis atau suatu rangkaian kesatuan yang bergerak dari bunyibunyi atau ucapan yang sederhana menuju tuturan yang lebih kompleks. Tahapan perkembangan bahasa anak dapat dibagi atas:
(1) tahap pralinguistik,
(2) tahap satu-kata,
(3) tahap dua-kata, dan
(4) tahap banyak-kata.
Fase/tahapan perkembangan bahasa menurut Ross dan Roe adalah:
(1) Fase fonologis
(2) Fase sitaksis
(3) Fase semantik
Seiring dengan perkembangan bahasa, berkembang pula penguasaan anak-anak atas sistem bahasa yang dipelajarinya. Sistem bahasa itu terdiri atas subsistem, yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik.
Materi :
MODUL 1 KARAKTERISTIK  PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Indikator Esensial :
§  Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD

1. Hakikat, Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaat Membaca
a. Hakikat
Membaca pada hakikatnya adalah suatu proses yang bersifat fisik danpsikologis. Proses yang berupa fisik berupa kegiatan mengamati tulisan secara visual dan merupakan proses mekanis dalam membaca. Proses mekanis tersebut berlanjut dengan proses psikologis yang berupa kegiatan berpikir dalam mengolah informasi. Proses pskologis itu dimulai ketika indera visual mengirimkan hasil pengamatan terhadap tulisan ke pusat kesadaran melalui sistem syaraf. Melalui proses decoding gambar-gambar bunyi dan kombinasinya itu kemudian diidentifikasi, diuraikan, dan diberi makna. Proses decoding berlangsung dengan melibatkan knowledge of the world dalam skemata yang berupa kategorisasi sejumlah pengetahuan dan pengalaman yang tersimpan dalam gudang ingatan. Jadi, pada hakikatnya, aktivitas membaca terdiri dari dua bagian, yaitu membaca sebagai proses dan membaca sebagai produk. Membaca sebagai proses mengacu pada aktifitas fisik dan mental. Sedangkan membaca sebagai produk mengacu pada konsekuensi dari aktivitas yang dilakukan pada saat membaca.
b. Pengertian
Berdasarkan beberapa definisi tentang membaca, dapat disimpulkan bahwa membaca adalah proses pengucapan tulisan untuk mendapatkan isinya. Pengucapan tidak selalu dapat didengar, misalnya membaca dalam hati. Selanjutnya, membaca merupakan aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari menyimak, berbicara, dan menulis. Sewaktu membaca, pembaca yang baik akan memahami bahan yang dibacanya. Selain itu, dia bisa mengkomunikasikan hasil membacanya secara lisan atau tertulis. Dengan demikian, membaca merupakan keterampilan berbahasa yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Jadi, membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa, proses aktif, bertujuan, serta memerlukan strategi tertentu sesuai dengan tujuan dan jenis membaca.
c. Tujuan
Hubungan antara tujuan membaca dengan kemampuan membaca sangat signifikan. Pembaca yang mempunyai tujuan yang sama, dapat mencapai tujuan dengan cara pencapaian berbeda-beda. Tujuan membaca mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membaca karena akan berpengaruh pada proses membaca dan emahaman
membaca.
d. Jenis
Ada dua jenis membaca, yaitu membaca bersuara dan membaca tidak bersuara. Membaca bersuara meliputi: membaca nyaring, membaca teknik, membaca indah. Membaca tidak bersuara (membaca diam) meliputi: membaca teliti, membaca pemahaman, membaca ide, membaca kritis, membaca telaah bahasa, membaca skimming (sekilas), membaca cepat.
e. Manfaat
Manfaat membaca antara lain adalah sebagai berikut. (1) Menambah kosakata, tatabahasa, dan sintaksis. (2) Mengalami perasaan dan pemikiran yang paling dalam. (3) Memicu imajinasi. (4) Memaksa nalar, pengurutan keteraturan dan pemikiran logis untuk dapat mengikuti jalan cerita atau memecahkan suatu misteri.
2. Isi dan Pesan Pokok
Paragraf yang baik harus mempunyai gagasan utama. Gagasan utama adalah ide atau tema yang menjiwai paragraf tersebut. Sifat gagasan utama adalah umum. Ketika membaca paragraf, temukan kalimat yang bermakna umum, jangan mencari yang maknanya khusus atau spesifik. Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat, karena syarat paragraf yang baik harus terdiri dari beberapa kalimat yang gagasan utamanya tertuang dalam kalimat utama atau kalimat pokok, dan ada beberapa kalimat penjelas, yang memperjelas gagasan utama tersebut.
Letak kalimat utama dalam sebuah paragraf bisa terdapat pada awal paragraf, akhir paragraf, awal dan akhir paragraf, serta diseluruh isi paragraf.
3. Perbandingan Diskripsi dan Narasi
Wacana narasi berbeda dengan wacana deskripsi. Wacana narasi berisi cerita yang didasarkan pada urut-urutan suatu kejadian atau peristiwa. Ada dua jenis narasi, yaitu narasi ekspositoris dan narasi imajinatif. Narasi ekspositoris berisi fakta, misalnya biografi (riwayat seseorang),otobiografi /riwayat hidup seseorang yang ditulisnya sendiri, atau kisah pengalaman. Narasi Imajinatif berisi cerita khayal/fiksi atau rekaan seperti yang biasanya terdapat pada cerita novel atau cerpen. Wacana deskripsi menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulisnya. Tujuannya adalah pembaca memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan mengalami sendiri objek tersebut.
Materi :
MODUL 2 KETERAMPILAN MEMBACA

Indikator Esensial :
§  Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis
§  Menemukan isi atau pesan pokok wacana lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita, pidato.
§  Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi
§  Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).
1. Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan, tetapi memerlukan usaha sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur. Devinisi menulis tersebut pendapat dari ….
A. Lado
B. Donn Byrne (Correct answer)
C. Semi
D. Gere
Menulis bukan sesuatu yang diperoleh secara spontan, tetapi memerlukan usaha sadar “menuliskan” kalimat dan mempertimbangkan cara mengkomunikasikan dan mengatur (Donn Byrne,1988:1)
Materi :
MODUL 3 KETERAMPILAN MENULIS

Indikator Esensial :
§  Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis
§  Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat.


2. Yang tidak termasuk tujuan dari menulis adalah …
A. mengadopsi (Correct answer)
B. mendidik
C. membujuk
D. menginformasikan
Tujuan menulis adalah
a. Menginformasikan
b. Membujuk;
c. Mendidik
d. Menghibur
3. Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar menerima pendapatnya. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan...
A. bukti, ulasan, dan hasil penataran
B. data, bukti, atau hasil-hasil penalaran (Correct answer)
C. ulasan ilmiah,bukti, hasil penalaran
D. bukti, pendapat, ulasan
Argumentasi merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar amenerima pendapanya. Argumentasi berusaha meyakinkan pembaca. Cara menyakinkan pembaca itu dapat dilakukan dengan jalan menyajikan data, bukti, atau hasil-hasil penalaran (Pusat Bahasa. 2001: 45).
4. Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah
A. perdagangan (Correct answer)
B. pelayaran
C. perjanjian
D. perindustrian

Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu badan perusahaan perdagangan yang isinya membicarakan masalah niaga atau perdagangan. Surat ini dapat ditujukan kepada semua pihak.
5. Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan penulisannya, tetapi juga ditandai ...
A. bentuk,kebakuan bahasa, ketepatan ejaan, dan aturan penulisan (Correct answer)
B. bentuk kebakuan bahasa, diksi, ejaan, diksi, ejaan, dan aturan penulisan
C. diksi, bentuk kebakuan bahasa, dan aturan penulisan
D. aturan penulisan, diksi, tata tulisan
Ciri kedinasan suatu surat tidak hanya ditandai oleh isi dan penulisannya, tetapi juga ditandai oleh bentuk dan segala formalitasnya (kebakuan bahasa, ketepatan ejaan, dan aturan penulisannya).
6. Suasana Hotel Pramesti sangat menyenangkan. Struktur banguanan yang bernuansa Bali yang penuh ornament dan lukisan sangat enak dipandang. Gemercik air yang mengalir. Udara pegunungan yang sejuk menambah betah orang berlama-lama menikmati suasana hotel ini. Paragraf tersebut berjenis karangan …
A. argumentasi
B. eksposisi
C. deskripsi (Correct answer)
D. narasi
Deskrisi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda, tempat, suasana atau keadaan
7. Kejelasan merupakan asas yang pertama dan utama bagi hampir semua karangan, khususnya ragam karangan faktawi. Berikut pernyataan yang merupakan ciri-ciri kejelasan karangan ..
A. mudah, sederhana, langsung ,tepat (Correct answer)
B. luas, rumit, langsung, tepat
C. mudah, luas , komplek, menarik
D. sedehana, menarik, langsung, tepat
Karangan Faktawi adalah karangan yang bersifat dunia nyata atau yang benar benar terjadi.
8. Pilihan kata karangan persuasi mencari efek tanggapan ....
A. penalaran
B. emosional. (Correct answer)
C. rasional
D. logis-rasional
Persuasi adalah karangan yang berisi paparan berdaya-ajuk, ataupun berdaya himbau yang dapat membangkitkan ketergiuran pembaca untuk meyakini dan menuruti himbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan oleh penulis
9.                                                        
                                                            _________________
_________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________.
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________________________________
_______________________.
                                                                    _____________
                                                                  ______________

Bentuk surat (style) di atas, jenis surat itu yang tidak dapat dikategorikan sebagai susunan atau tata letak bagian surat pada ...
A. bentuk lurus penuh (full block style)
B. bentuk lurus (block style)
C. bentuk setengah lurus (semi block style)
D. bentuk lekuk (indented style) (Correct answer)
Berdasarkan bentuk surat (style), susunan atau tata letak bagian surat pada setiap jenis
surat dapat dikategorikan sebagai berikut.
- bentuk lurus penuh (full block style)
- bentuk lurus (block style)
- bentuk setengah lurus (semi block style)
- bentuk lekuk (indented style) dan
- bentuk resmi (official style)
10. Salah satu perbedaan ciri dari surat pribadi dan surat resmi adalah... surat
A. Kop (Correct answer)
B. Tempat tanggal surat
C. Alamat
D. Salam pembuka
Bagian surat pribadi adalah; (1)tempat dan tanggal surat, (2)alamat surat, (3)salam pembuka, (4)isi surat dan, (5)salam penutup. Adapun bagian surat resmi adalah; kop surat, tanggal surat, nomor, lampiran, hal, alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tembusan.
Puisi Lama adalah puisi yang memancarkan kehidupan masyarakat lama, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat lama, dan terdiri atas: pantun, syair, gurindam, dan talibun.Ciri-ciri puisi baru antara lain: (a) puisinya tidak lagi berbentuk pantun, syair, atau gurindam; (b)jenis puisinya antara lain:distichon, tersina, quartrain, quint, sextet, septima, oktaf, dan soneta; (c) lariknya simetris, penuh rima dan irama; (d)pilihan katanya indah; (e)banyak memanfaatkan bahasa kiasan perbandingan.
Puisi dibangun oleh dua unsur yang saling terkait, yakni strukturbatin/makna dan strukturfisik yang berupa bahasa.Struktur fisik terdiri atas: diksi, citraan, bahasa kiasan, rima, irama, dan tipografi; sedangkanstruktur batinterdiri atas: tema, perasaan, nada, dan amanat.
Memparafrasekan puisi adalah mengubah bentuk puisi menjadi prosa (memprosakanpuisi) atau puisi diwajarkan sesuai dengan susunan bahasa yang normatif setelah sebelumnya dilakukan pemenggalan/ penjedaan dengan tepat. Kata-kata dalam puisi tersebut (bilamana perlu) diberi tambahan kata sambung seperti: dan, tetapi,
meskipun, seperti, dsb. (yang diletakkan dalam kurung). Sementara isi adalah maknapuisi yang tidak terlepas dari amanat yang dikandungnya secara tersurat maupun tersirat.
Unsur-unsur drama lazim dikelompokkan dalam dua kategorisasi, yaitu unsur-unsur intrinsik dan unsur-unsur ekstrinsik. Unsur-unsur intrinsik drama adalah berbagai unsur yang secara langsung terdapat dalam karya sastra yang berujud teks drama, seperti: alur, tokoh, karakter, latar, tema dan amanat, serta unsur bahasa yang berbentuk dialog. Sementara itu, unsur ekstrinsik adalah segala macam unsur yang berada di luar teks drama, tetapi ikut berperan dalam keberadaan teks drama tersebut. Unsur-unsur itu antara lain biografi atau riwayat hidup pengarang, falsafah hidup pengarang, dan unsur sosial budaya masyarakatnya yang dianggap dapat memberikan masukan yang menunjang penciptaan karya drama tersebut.
Materi :
MODUL 4 APRESIASI SASTRA

Indikator Esensial :
§  Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra
§  Menyusun langkah-langkah membuat parafrase puisi ke prosa
§  Menilai prosa
§  Mengapresiasi drama
Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) merupakan pembejalaran yang diberikan kepada siswa sekolah dasar kelas rendah. MMP memfokuskan pada pembelajaran yang bertujuan untuk melek huruf atau mengenalkan huruf pada siswa. Oleh karena itu, untuk dapat memilih materi ajar yang tepat perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya: 1) Melihat standar kompetensi yang telah ditentukan dalam kurikulum; 2) Tingkat kesesuaian materi dengan tema dan focus pembicaraan; 3) Kemampuan kognitif, karakteristik, dan kebutuhan siswa.
Untuk mengajarkan MMP ada beberapa motode yang dapat digunakan oleh guru antara lain: 1) Metode eja, yang memulai pembelajaran dengan memperkenalkan huruf dan bunyi secara alfebetis; 2) Metode bunyi, yang merupakan bagian dari metode eja dilakukan melalui proses latihan dan tubian untuk melafalkan huruf dengan benar; 3) Metode suku kata, yaitu memperkenalkan kata atau kalimat sederhana melalui pemecahan suku kata. Metode ini sering juga dipadukan dengan metode kupas rangkai yaitu merangkai suku kata menjadi kata, kata menjadi kelompok kata atau kalimat sederhana. 4) Metode kata, pengenalan kata dengan menganalisis suku kata menjadi kata metode ini juga disebut dengan kata lembaga; 5) Metode global. Metode ini mengajarkan MMP dengan memulai dengan memperkenalkan kalimat sederhana disertai dengan gambar yang menarik minat siswa; 6) Metode SAS, metode ini singkatan dari Struktural Analitik Sintetik, metode ini hamper sama dengan metode global yaoti mengajarkan membaca dan menulis melalui pemberian kalimat utuh untuk membangun “kebermaknaan”. Hal ini juga dapat dilakukan melalui gambar. Dalam melaksanakan pembelajaran MMP beberapa model pembelajaran dapat dilakukan diantaranya membaca berdasarkan gambar. Hal ini dilakukan dengan memberikan gambar-gambar dan kartu kata atau kartu huruf. Siswa diminta untuk menyusun kata atau kalimat sederhana dengan gambar, huruf, dan kata yang telah disiapkan. Metode lain yang dapat dijadikan alternative adalah guru mengajarkan menulis dengan memperkenalakan huru dengan cara menulis yang benar melalui proses menulis di udara. Siswa diberi rangsangan gambar dan huruf kemudian bersama-sama dengan guru menuliskan huruf di udara.
Materi :
MODUL 5 PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS RENDAH

Indikator Esensial :
§  Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
§  Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan dan kegemaran menulis siswa
1) Pemilihan materi ajar harus mempertimbangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
2) Ada tiga langkah yang perlu diperhatikan guru dalam pemilihan materi ajar, yaitu (1) menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, (2)  menentukan materi pokok setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan (3) mengembangkan materi pokok dengan memanfaatkan  berbagai sumber.
3) Perancangan kegiatan pembelajaran harus memperhatikan pemilihan metode atau model pembelajaran yang berorientasi pada student active learning.
4) Kegiatan pembelajaran juga harus mengakomodasi pendekatan yang mampu mengembangkan karakter, kemampuan berpikir kritis, sikap empati, dan pengembangan kreativitas.
5) Perancangan kegiatan pembelajaran ini harus mengacu pada standar proses, yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
6) Perancangan kegiatan pembelajaran ini tidak terlepas dari acuan standar proses, yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
7) Penyusunan perangkat penilaian harus mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar.
8) Penyusunan perangkat penilaian harus memperhatikan prinsip komprehensif, yaitu mencakup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.
9) Untuk menekan faktor subjektivitas dalam penilaian karangan siswa, guru perlu membuat rubrik penilaian.
Materi :
MODUL 6 PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS TINGGI

Indikator Esensial :
§  Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.
§  Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa
Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki peserta didik. Standar Kompetensi adalah ukuran kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu proses pembelajaran pada satuan pendidikan tertentu. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Pengembangan indikator dilakukan dengan menganalisis tingkat kompetensi dalam SK dan KD. Hal ini diperlukan untuk memenuhi tuntutan minimal kompetensi yang dijadikan standar secara nasional. Indikator penilaian menggunakan kata kerja lebih terukur dibandingkan dengan indikator (indikator pencapaian kompetensi). Rumusan indikator penilaian memiliki batasan-batasan tertentu sehingga dapat dikembangkan menjadi instrumen penilaian dalam bentuk soal, lembar pengamatan, dan atau penilaian hasil karya atau produk, termasuk penilaian diri.
Materi pembelajaran dipilih untuk membantu peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hal-hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pemilihan materi pembelajaran adalah jenis, cakupan, urutan, dan perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran tersebut. Kesesuaian pemilihan media dan alat bantu pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih baik, lebih intensif dan lebih banyak potensi yang dikembangkan, sehingga tercapai kompetensi yang telah ditetapkan. Setelah merumuskan indikator, menyiapkan bahan pembelajaran dan media memilih, langkah berikutnya adalah menetapkan metode pembelajaran. Penilaian dalam proses belajar merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar RPP merupakan pedoman bagi guru. RPP adalah rencana atau program yang disusun oleh guru untuk satu atau dua pertemuan, untuk mencapai target satu kompetensi dasar. RPP dijabarkan dari silabus yang telah disusun dan bersifat aplikatif di kelas. RPP biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk memandu guru. RPP berisi gambaran tentang kompetensi dasar yang akan dicapai, yang dijabarkan pada indikator, tujuan, materi, skenario pembelajaran tahap demi tahap serta penilaian autentiknya.
Materi :
MODUL 7 PENGEMBNGAN PERANGKAT PEMBELAJRAN

Indikator Esensial :
§  Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Agus Zainal M (Sampai Terang)
(TIANG BAMBU) Dari secangkir Kopi, Cerita dan Inspirasi. TENTANG SAYA →

0 komentar: